Kamis, 02 Agustus 2018 158 Kali di Lihat

Tarakan (1/8), Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Dr. H. Irianto Lambrie membuka kegiatan Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Provinsi Kalimantan Utara dengan tema mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan produktif menuju Kaltara yang terdepan di Kota Tarakan. Tujuan dilakukan kegiatan kampanye ini, untuk memberikan pengetahuan tentang imunisasi MR pada petugas Kesehatan, yang nantinya diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Pemberian imunisasi tambahan ini untuk antigen campak dan rubella yang diberikan pada bayi saat usia 9 bulan hingga anak usia 15 tahun.
Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun ini, sejumlah 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 Puskesmas akan melaksanakan kampanye dengan total sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun yang akan diberikan imunisasi MR sejumlah 34.964.384 anak.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK Pusat, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan juga lembaga serta organisasi terkait lainnya.

Dalam rangka menyukseskan kampanye ini, Kemenkes telah menyediakan vaksin MR sebanyak 4.777.150 vial beserta alat suntik dan logistik pendukungnya, buku Petunjuk Teknis pelaksanaan, serta materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang digunakan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat.